Kamis, 14 Maret 2013

Training from Mental Coaching Character (MC2)

Tepat pukul 13.00 siang tadi bertempat di Ruang Aula SMA Budi Luhur kami kedatangan tamu Istimewa. Trainer dari Mental Coaching Character (MC2) siap untuk mendobrak semangat para siswa khususnya siswa kelas XII yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional.

 K.Rioooo sebagai pembicara mulai memperkenalkan diri. Sosoknya yang santai, muda, supel dan gaul mampu membawa para siswa hanyut dalam suasana Training yang begitu menyenangkan. Sebelum acara dimulai lebih lanjut Sang Trainer memberi 1 aturan untuk para Peserta. Tidak ada paksaan untuk mengikuti Training ini dan kesediaan untuk tidak menggangu kalau ingin terus tetap berada di ruangan ini. Kesadaran dari diri sendiri tentunya diperlukan tanpa perlu paksaan dari orang lain. Yang hadir disini tentunya ingin sukses dan lulus UN maka yang tidak ingin lulus pun juga tidak apa-apa untuk tidak mengikuti acara ini, Trainer pun akan segera memulai acara.

Di awal acara didahului oleh Games yang begitu menarik dan mampu memancing Apersepsi para Audiens. Tidak hanya siswa, guru pun terhanyut dalam suasana Training. Sebenarnya simple sekali games ini namun butuh konsentrasi peserta. Games dimulai dengan diikuti semangat para peserta. Sederhana namun tepat sasaran begitu bisa digambarkan. Bisa dikaitkan dengan hal – hal yang sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Para peserta hanya diminta untuk mengikuti instruksi Trainer. Sebelumnya para peserta diberikan Tryout (uji coba) terlebih dahulu. Awalnya mereka nampak percaya diri sekali dengan didahului dengan kalimat “BL berkata” peserta diminta untuk mengikuti intruksi Sang Trainer namun jika tidak ada kalimat pendahulu tersebut peserta tidak perlu mengikutinya. 

Wah, ternyata seru sekali banyak Instruksi sederhana seperti Instruksi mengangkat tangan, menganggukkan kepala yang tidak dilakukan dengan benar. Ternyata itu merupakan suatu jebakan. Sampai akhirnya Games dimulai dengan semangat yang luar biasa dari peserta. Sang trainer mulai memberikan intruksi dari level 1 sampai dengan level 10 seharusnya. Namun, baru beberapa level banyak peserta yang kalah sehingga mereka harus duduk ditempat semula. Peserta yang hampir memenangkan Games hanya 1 siswa. Namun diakhir intruksi juga mengalami kegagalan. Jebakan – jebakan banyak di temukan oleh peserta Training sehingga membuat mereka gemas, kesal dan ingin permainan diulang kembali.

Sang Trainer mulai menganalogikan bahwa dalam hidup seringkali kita menemui jebakan – jebakan baik itu yang nampak maupun yang tidak nampak. Jebakan yang nampak mungkin mudah untuk kita hindari, namun jebakan yang tidak nampak itu yang seringkali membuat kita terlena dan baru disadari setelah masa depan itu datang. Padahal hal yang paling jauh dari manusia adalah waktu yang telah berlalu. Waktu tersebut tidak akan pernah bisa kita kejar dan bisa dikembalikan.

Sang Trainer mulai menceritakan hal – hal yang nyata yang seringkali dialami oleh kebanyakan remaja. Dimulai dari hal – hal simple, mencoba sekali, dua kali sampai akhirnya ketergantungan. Tidak ada angka 3 kalau tidak didahului angka 1. Tidak ada pertengahan sebelum ada permulaan.

Dengan gaya bahasa ceplas ceplos, lugas dan gaul sehingga apa yang beliau sampaikan mampu membuat peserta khususnya para siswa jadi terkesima. Selain itu didukung pengalaman beliau yang sudah sering menangani masalah remaja menjadikan sosoknya mampu mengkondisikan apa yang beliau sampaikan.

Sang Trainer juga menayangkan slide tentang Formula Nasib. Berikut yang bisa penulis sampaikan:

1. Kualitas Baik + Kebiasaan Buruk = Nasib Buruk
2. Kualitas Buruk + Kebiasaan baik = Nasib Baik

3. Kualitas baik + Kebiasaan baik = Nasib baik tentunya dan bisa menjadi apapun

4. Kualitas buruk + Kebiasaan buruk = Hancur

Para siswa terlihat sangat antusias dan semangat sekali mendengarkan apa yang telah disampaikan oleh Trainer. Tidak hanya sekedar teori, contoh – contoh nyata pun juga diulas sehingga membuat mereka lebih memahaminya.

Pada akhir session Sang Trainer menayangkan cuplikan sebuah Film Korea yang menceritakan bagaimana seorang pemuda dengan kesulitan dan masalah dalam hidupnya berjuang untuk menggapai suatu impian. Sangat menginspirasi sekali. Dan tayangan terakhir adalah pemutaran sebuah lagu yang mana lagu ini pun menjadi lagu yang mampu menginspirasi Sang Trainer dalam berjuang menggapai impian – impiannya.          # Jangan Pernah Berhenti# Idola Cilik 2.

Semoga Training ini bisa membuat semangat dan Mental para Siswa SMA Budi Luhur untuk selalu pantang menyerah dalam meraih mimpi – mimpi mereka.

“..Sesungguhnya  Allah tidak akan mengubah (nasib) suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri…” (QS. Ar-Ra’du : 11) 

0 komentar: