Kamis, 27 Februari 2014

REFLEKSI DIRI

Selamat sore rekan Guraru. Semoga sore ini tetap dalam kondisi sehat dan semangat. Sebelum beranjak pulang, saya sempatkan sejenak untuk memposting kegiatan mengajar hari ini. Hari ini terakhir saya menghantarkan anak-anak kelas XII pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Pasalnya, bulan Maret ke depan, mereka akan segera menempuh berbagai ujian. Ujian Mid Semester, Ujian akhir, ujian praktek sampai dengan ujian nasional.

Setelah mengungkapkan beberapa patah kata, saya membagikan angket untuk refleksi diri saat pelajaran TIK. Tujuannya agar anak-anak bisa menilai seberapa jauh  tingkat pemahaman dan penguasaaan materi yang pernah saya sampaikan. Selain itu, penilaian dari siswa ini juga amat penting bagi saya, untuk mengukur sejauh mana kemampuan mengajar saya terhadap para siswa.
Pertanyaan yang saya ajukan dalam angket tersebut, terdiri dari pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Pertanyaan tertutup dimaksudkan agar siswa hanya dapat memilih satu jawaban saja yang disediakan sedangkan pertanyaan terbuka memberi kesempatan siswa untuk memberikan kritik dan saran yang lebih luas.

Para siswa kelas XII memang sudah dapat dikatakan anak-anak calon Mahasiswa, yang mana dari segi pemikiran sudah dapat dikatakan cukup matang. Namun, ya namanya anak-anak ada saja yang memberi jawaban iseng dan main-main. Diantaranya mereka ingin lebih banyak waktu bebasnya, komputer di lab. diperbanyak Games nya dibandingkan dengan aplikasi pembelajaran karena agar lebih Fun dan jawaban-jawaban lucu lainnya.

Terima Kasih Ya Allah, sudah diberikan kesempatan selama 3 tahun membimbing mereka. Semoga segala ilmu yang diberikan dapat memberi kebermanfaatan. Aamin.

1 komentar:

Guru Online mengatakan...

Wah salam kenal bu sebagai guru saya juga merasakannya, keinginan siswa yang ingin memiliki waktulebih banyak untuk bermain di lap
Salam Kenal BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik