Kamis, 06 Februari 2014

Saya bisa Bu..

Pagi yang cerah, secerah hati ini walaupun tubuh sedang didera batuk dan agak flu namun tak mengurangi semangat untuk mengajar hari ini. Hari ini saya mengajar hanya beberapa jam saja. Jam pertama saya mengajar di kelas XI bussiness 1. Sebelum kegiatan belajar dimulai saya pimpin doa yang didahului dengan alunan musik relaksasi. Saya berikan sugesti positif ke dalam pikiran anak-anak serta bersiap untuk berdoa.

Materi yang akan saya sampaikan hari ini adalah tentang membuat Table dalam Program HTML. Setelah sebelumnya anak-anak saya jelaskan konsep tentang Table, baris dan kolom kini tiba saatnya untuk mempraktekkan ke Lab. Komputer. Anak-anak senang sekali jika kegiatan belajar komputer dilaksanakan dengan praktek langsung di Laboratorium.

Sebelum saya mulai menjelaskan cara praktik, terlebih dahulu saya sampaikan mengenai sikap yang mesti dimiliki pada pembelajaran ini. Sikap - sikap tersebut adalah teliti, sabar dan jujur. Saya pancing para siswa kenapa dalam membuat program mesti teliti? Kenapa dalam pembelajaran ini mesti sabar dan jujur?. Beberapa anak ada yang mencoba untuk menjawabnya. 

Baiklah Nak, sikap teliti hendaknya kalian latih karena saat membuat program kalian akan temui perintah-perintah yang dalam penulisannya harus sesuai dengan standar yang ditentukan. seperti contohnya: <table>    </table>. ada Tag pembuka dan harus disertai dengan Tag penutup. Pemberian tanda kurung, spasi juga sangat butuh ketelitian.

Kemudian sikap sabar juga harus kalian miliki, karena ketika membuat program belum tentu langsung bisa berfungsi sesuai dengan yang kita harapkan. Bisa saja terdapat error dan harus di koreksi kembali kesalahannya selain itu sabar untuk kebersamaan. Jika kalian sudah selesai mengerjakan namun ada teman yang belum selesai maka kalian harus sabar menunggu. dan dalam hal ini hendaknya kalian bersedia untuk berbagi dan membantu temannya yang belum paham.

Sikap jujur diperlukan karena komputer yang kalian gunakan ini adalah milik umum dapat digunakan siapa saja. Bisa saja kalian menyalin file teman kelas lain dan menyimpannya menjadi milik kalian. Namun, bukan itu tujuan kita belajar. Ibu akan ajarkan materi ini sampai kalian bisa.  Dan Ibu lebih menghargai siswa yang menanamkan nilai kejujuran di hatinya. Allah Maha Mengetahui apa yang dikerjakan hamba-Nya. Bagaimana anak-anak? Jelas dan bisa dipahami apa yang sudah Ibu sampaikan? 
Alhamdulillah anak-anak merespon dengan sangat baik dan antusias. 

Saya mulai menjelaskan langkah-langkah dalam membuat Table. Selanjutnya anak-anak saya minta untuk mempraktekkan dengan menggunakan Software dreameaver. Anak-anak sangat bersemangat sekali. Setelah beberapa menit berlalu, ada beberapa siswa yang sudah selesai. saya ambil buku penilaian dan melihat hasil praktek siswa tersebut. Ternyata hasilnya benar. Anak-anak yang sudah bisa saya beri kesempatan untuk membantu mengajari teman-temannya yang belum paham. Saya berikan semangat untuk bersedia berbagi. Dengan berbagi membuat kamu tambah pintar. Dengan berbagi membuat ilmu mu lebih bermanfaat. Tentunya disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa serta tak lupa nilai tambahan pun saya berikan.

Tak terasa hampir 90 menit berlalu, anak-anak saya minta untuk menyimpan semua file praktek hari ini pada folder mereka masing-masing. Selanjutnya penutup, saya simpulkan hasil belajar hari ini.

Mengajar dengan hati yang bahagia mampu membuat fikiran lebih kreatif. Mengajar dengan hati yang bahagia mampu menularkan energi kepada para siswa didik. Semoga Keberkahan  Ilmu Allah berikan hari ini. Aamin

Alhamdulillah

0 komentar: