Minggu, 21 April 2013

SELAMAT HARI KARTINI

Foto : Google

Pagi nan cerah, masih dalam suasana memperingati Hari Kartini. Pagi ini aku berpapasan dengan anak-anak SD yang  berdandan dan memakai pakaian penuh warna. Ada yang menggunakan pakaian Jawa lengkap dengan sanggul modern, pakaian Padang dan lain-lain. Hal itu pun pernah aku lakukan sewaktu SD dulu. 

Ibu Kita Kartini Sang Pahlawan wanita yang mampu membuat pencerahan khususnya bagi kaum wanita. Para wanita terdahulu  sangat terbatas ruang geraknya terutama dalam menuntut ilmu. Kartini sangat prihatin akan kondisi kaum wanita  saat itu.

Kartini adalah sosok wanita yang ingin mewujudkan hak kaum wanita Indonesia untuk mempunyai derajat yang tinggi terutama dalam hal pendidikan.  Bukan hal yang mudah pada zaman itu untuk mengubah paradigma bahwa kaum wanita juga berhak belajar dan bersekolah. Berbekal semangat dan daya juang tinggi, perlahan tapi pasti Kartini mampu membuat Sekolah untuk Kaum wanita.

Pemikiran-pemikiran Kartini yang kritis tertuang dalam surat-surat yang dibuat oleh beliau. Sebagian besar surat-suratnya berisi keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Kartini menulis ide dan cita-citanya, seperti tertulis: Zelf-ontwikkeling dan Zelf-onderricht, Zelf- vertrouwen dan Zelf-werkzaamheid dan juga Solidariteit. Semua itu atas dasar Religieusiteit, Wijsheid en Schoonheid (yaitu Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan), ditambah dengan Humanitarianisme (peri kemanusiaan) dan Nasionalisme (cinta tanah air).

Berkat pemikiran yang tertuang dalam tulisan-tulisan penuh makna tersebut akhirnya terciptalah sebuah buku  yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Buku tersebut masih dan tetap terkenang walaupun Ibu Kartini telah wafat. Berkat jasa-jasa Ibu Kartini saat ini Wanita Indonesia dapat memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan tinggi serta dalam hal pekerjaan pun tidak ada perbedaan laki-laki dan perempuan.

Terima Kasih Ibu Kartini.
Semoga Ilmu dan semangat yang telah Ibu perjuangkan akan terkenang dan bermanfaat sepanjang masa. 
Semoga Allah selalu mengalirkan pahala yang berlimpah atas jasa-jasa Ibu Kartini.

sumber : Wikipedia

0 komentar: