Minggu, 07 April 2013

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua



Tanpa ada Ayah dan Bunda, seorang anak tidak mungkin hadir di dunia ini. Kasih sayang serta cinta kasih yang telah mereka berikan tidak akan mampu terbalas oleh apapun. Sebagai seorang anak kita wajib berbakti kepada Orang Tua. Berikut keutamaan berbakti kepada orang tua yang penulis ringkas dari sebuah buku cantik karya Mbak Oki Setiana Dewi dengan judul Sejuta Pelangi.

Dosa diampuni
 Dalam sebuah Hadist dikisahkan ada seseorang datang kepada Nabi Muhammad SAW, seraya berkata, " Aku telah melakukan dosa besar. Apakah dosaku bisa diampuni?" Rosulullah SAW balik bertanya, "Apakah engkau masih punya Ibu?" Orang itu menjawab, "Tidak". Rasulullah bertanya lagi, "Apakah engkau masih punya bibi?" Ia menjawab, "Ya". Rosulullah SAW bersabda : " Berbaktilah kepadanya." (HR. Al-Tirmidzi)

Mendapat pahala berjihad di jalan Allah
Suatu ketika ada seseorang datang kepada Nabi Muhammad SAW, meminta izin untuk berjihad. Beliau bertanya, "Apakah orangtuamu masih hidup?" Ia menjawab, "ya". Beliau bersabda, "Berjihadlah kepada mereka berdua" (HR Al-Bukhori, Muslim dan Abu Dawud)

Mendapatkan keberkahan umur dan rezeki
Rasulullah SAW. bersabda, "Barang siapa ingin dipanjangkan umurnya dan melimpah rezekinya, berbaktilah kepada orang tuanya dan sambungkanlah tali silaturahim". (HR. Ahmad)

Balasan Surga telah menanti
Suatu ketika ada seorang bernama Jamihah datang menemui Nabi Muhammad SAW, Jamihah berkata, "Wahai Rasulullah, aku ingin berperang. Aku datang untuk bermusyawarah denganmu. "Rasulullah bertanya, "Apakah engkau masih punya Ibu?" Jamihah menjawab. "ya". Rasulullah SAW bersabda, "jangan tinggalkan dia (ibumu). Sesungguhnya surga berada ditelapak kakinya." (HR. Al-Nasa'i dan Ibn Majah)

Mendapatkan Ridha Allah
Rasulullah SAW, bersabda, "Keridhaan Allah bergantung pada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung pada murka orang tua". (HR. Al-Tirmidzi dan Ibn Hibban).

0 komentar: